Trulli



Instrumen Kepuasan


Instrumen Kepuasan terhadap Pelayanan
Instrumen kuisioner diisi oleh pengguna secara online pada tiap akhir semester. Adapun instrumen pengumpulan data yang diisi oleh pengguna adalah berikut ini.
  1. Survei kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan berisikan indikator: keandalan (reliability), daya tangkap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), berwujud (tangible). Survei dapat diisi DISINI
  2. Survei kepuasan dosen terhadap pelayanan meliputi layanan manajemen, pengelolaan dan pengembangan SDM, pengelolaan keuangan dan sarana-prasarana, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Survei dapat diisi DISINI
  3. Survei kepuasan tenaga kependidikan terhadap pelayanan meliputi layanan manajemen, pengelolaan dan pengembangan SDM, pengelolaan keuangan dan sarana-prasarana. Survei dapat diisi DISINI
  4. Survei kepuasan lulusan berkaitan dengan indikator layanan manajemen. Survei dapat diisi DISINI
  5. Survei kepuasan mitra berkaitan dengan indikator layanan manajemen. Survei dapat diisi DISINI
  6. Survei kepuasan pengguna lulusan berkaitan dengan kompetensi alumni. Survei dapat diisi DISINI

Hasil Kelayakan Instrumen Kepuasan
  1. Hasil Validasi Instrumen Kepuasan
  2. Uji Validitas dilakukan untuk menunjukkan sejauh mana ketepatan, kesesuaian dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya. Suatu angket dapat dikatakan mempunyai validitas yang tinggi apabila angket tersebut menjalankan fungsi ukurnya sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut. Untuk pengujian validitas, menggunakan kriteria sebagai berikut (Kaplan dan Saccuzo, 1993):
    Jika rhitung 0.30 maka item dikategorikan valid.
    Jika rhitung < 0.30 maka item dikategorikan tidak valid.
    Instrumen kepuasan telah valid. Adapun hasil kelayakan instrumen dapat dilihat pada link: DISINI
  3. Hasil Reliabilitas Instrumen Kepuasan
  4. Pengujian reliabilitas istrumen dilakukan agar kita lebih yakin bahwa instrumen yang akan digunakan benar-benar dapat dipercaya sebagai alat pengumpul data. Dalam analisis statistik, uji reliabilitas berfungsi untuk mengetahui tingkat konsistensi suatu instrumen yang digunakan, sehingga instrumen tersebut dapat dihandalkan untuk mengukur variable yang akan diukur walaupun pengukuran dilakukan berulang-ulang dengan instrumen yang sama.
    Uji reliabilitas dapat dilakukan secara bersama-sama terhadap seluruh item pertanyaan dalam instrumen. Untuk uji reliabilitas, menggunakan kriteria sebagai berikut:
    Jika koefisien Cronbach's Alpha 0.7, maka intrumen reliabel
    Jika koefisien Cronbach's Alpha 0.7, maka intrumen tidak reliabel
    (Kaplan dan Saccuzo, 1993)
    Adapun hasil pengujian reliabilitas instrumen survey kepuasan pengguna adalah berikut ini.
            a. Kepuasan mahasiswa
              

            b. Kepuasan Dosen
              

            c. Kepuasan Tendik
              

            d. Kepuasan Lulusan
              

            e. Kepuasan Mitra
              

            f. Kepuasan Pengguna Lulusan
              

    Dengan nilai cronbach's alpha diatas 0,7 pada masing-masing instrument kepuasan, maka hasil pengukuran menggunakan instrumen dinyatakan dapat dipercaya (reliable).

  5. Kemudahan Penggunaan Instrumen
  6. Instrumen kepuasan pengguna telah mudah digunakan, pengujian kemudahan penggunaan dapat dilihat pada link: DISINI